Berkemah Ria di Bumi Perkemahan Ranca Upas

Kegiatan perkemahan merupakan kegiatan yang positif dalam menguji daya tahan di alam liar, uji keberanian, latihan survive, dan leadership.

Makanya kegiatan ini biasanya diadakan rutin oleh sekolah-sekolah dari mulai tingkatan dasar sampai perguruan tinggi. Rata-rata mereka yang mengikuti kegiatan perkemahan ini merasakan adanya pengaruh positif yang signifikan terutama dalam soal kemandirian hidup, tidak cengeng, dan terlebih adanya saling pengertian dan kegotongroyongan diantara sesama.

Lokasi bumi perkemahan tentunya juga berpengaruh dalam apakah kegiatan pelaksanaan perkemahan itu menarik atau membosankan. Untuk itu, patut dipilih lokasi yang juga bisa memberikan kesan mendalam dari para peserta kemah. Nah, salah satu yang banyak direkomendasikan adalah Bumi Perkemahan Ranca Upas yang berada di daerah Ciwidey, Bandung Selatan.

Berkemah dan Berwisata

Meskipun namanya bumi perkemahan, namun yang datang ke lokasi ini ternyata tak hanya para peserta kemah atau pecinta alam. Namun juga banyak diantaranya para wisatawan. Biasanya wisatawan yang sedang berekreasi ke Ciwidey pun menyempatkan diri untuk mengunjungi objek wisata ini. Lokasinya tidak jauh dari gerbang utama Kawah Putih Ciwidey, sebelum memasuki kawasan Perkebunan Teh Ranca Bali.

Bumi Perkemahan Ranca Upas sendiri memiliki luas sekitar 215 hektar dengan dominasi wilayah perbukitan dan hutan alam yang begitu luas. Lokasi ini berada diatas ketinggian sekitar 1.700 diatas permukaan laut (dpl) dengan suhu udara antara 18-23 derajat celsius. Hutan alam di kawasan ini ditumbuhi beberapa jenis pepohonan seperti Puspa, Jamuju, Huru, Kitambang, Kihujan, Hamirung, Kurai dan Pasang. Sementara fauna yang dapat ditemukan antara lain burung tekukur, gagak, elang serta surili, monyet dan macan.

Pengunjung yang datang kesini akan dimanjakan dengan pemandangan alam khas Kota Kembang Bandung yang eksotis dan menawan. Juga bisa sekalian melihat penangkaran rusa yang lokasinya tak jauh dari bumi perkemahan. Kawanan rusa tipe jinak yang pada awalnya didatangkan dari Kebun Binatang Ragunan Jakarta menjadikan daya pikat tersendiri obyek wana wisata Bumi Perkemahan Ranca Upas ini

Lokasi

Bumi Perkemahan Ranca Upas terletak di Desa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey, yang secara administratif masuk dalam wilayah Bandung Selatan.

Selamat Berkunjung!

 

Incoming search terms:

  • bumi perkemahan ranca upas
  • ranca upas bandung
  • bumi perkemahan
  • rancaupas
  • perkemahan ranca upas
  • ranca upas ciwidey
  • perkemahan
  • bumi perkemahan ranca upas ciwidey
  • perkemahan ranca upas bandung
  • bumi perkemahan rancaupas

Tempat Wisata , ,

Related Listing

Trackbacks For This Post

  1. [...] wisata ini bisa dicapai dari Lembang yang berjarak sekitar 17 km, dari Cimahi jaraknya 23 km atau dari Kabupaten/Kodya Bandung 25 [...]

  2. [...] Situ Cileunca berada di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. [...]

2 Reviews

  1. Eloknya Alam Bumi Perkemahan Cikole, Lembang | Wisata Bandung, 3 years ago

    [...] wisata ini bisa dicapai dari Lembang yang berjarak sekitar 17 km, dari Cimahi jaraknya 23 km atau dari Kabupaten/Kodya Bandung 25 [...]

       -  
  2. Melancong Ke Situ Cileunca | Wisata Bandung, 3 years ago

    [...] Situ Cileunca berada di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. [...]

       -  

Place Your Review

Rate this place by clicking a star below :

Send To Friend

Send Inquiry