Gua Siluman yang Menyimpan Misteri

Mungkin Anda akan langsung berdiri bulu kuduk ketika mendengar nama gua yang satu ini: Gua Siluman. Gua ini memiliki keindahan yang banyak diakui masyarakat begitu memukai, meski balutan cerita-cerita mistik masyarakat tetap kental dan masih diperbincangkan dengan hangat. Gua ini sebenarnya nama sebuah gua yang letaknya sekitar 200 meter dari mulut Gua Buni Ayu ke utara. Gua Buni Ayu sendiri merupakan nama yang diberikan PT Perhutani, untuk menyebut kompleks gua-gua yang ada di sekitar Gua Siluman.

Gua Silmuan resmi dibuka untuk umum sejak tahun 1982. Kemisterian yang konon menyelimuti gua ini bukannya malah membuat masyarakat takut, namun sebaliknya mereka dipenuhi rasa penasaran yang membuncah sehingga mereka pun banyak yang datang kesini untuk melihat kondisi gua yang banyak diperbincangkan itu. Sehingga orang-orang yang datang ke gua ini pun memiliki maksud yang sangat beragam; mulai dari yang hanya ingin menikmati keindahan gua dan sekitarnya, senang menelusuri gua, atau mencari berkah dan bersemedi.

Gua Siluman tak berdiri sendiri karena di sekitarnya ada beberapa gua yang lainnya yakni Gua Bibijilan (717 meter), Gua Adni (635 m), Gua Nyangkut (390 m), Gua Kubang Lanay (302 m), Gua Tanpa Nama (400 m), Gua Landak, Gua Tahi, Gua Karsim, Gua Bisono, Gua Idin, Gua Gede, Gua Kole dan Gua Kecapi. Karena banyak cabangnya, maka gua ini terbilang berbahaya. Selain itu, banyak fakta bila kondisi gua yang gelap itu bisa membuat celaka siapapun yang menelusurinya.

Keberadaan Bocah Dedemit

Menurut cerita, gua-gua tersebut dihuni oleh siluman-siluman. Salah satunya adalah siluman berwujud bocah-bocah kecil berkulit hitam. Seperti peristiwa yang terjadi tahun 70-an. Ketika itu masyarakat Cipicung kerap melihat bocah-bocah kecil bermain-main di sekitar mulut gua Siluman. Tubuh mereka coklat kehitaman dan telanjang bulat. Mulanya, mereka menyangka anak-anak kecil itu benar-benar manusia. Karena Gua Siluman ini cukup berbahaya, maka salah seorang warga melarang bocah-bocah itu agar jangan bermain di situ.

Namun seketika warga melihat pemandangan yang tidak lazim. Seorang bocah tiba-tiba saja meloncat ke atas pohon. Lalu meloncat-loncat dari satu pohon ke pohon lain. Kelakuan bocah aneh ini seterusnya diikuti oleh bocah-bocah lainnya. Secara akal sehat, tidak mungkin seorang anak kecil seusia lima tahun bisa melompat ke atas batang bohong setinggi 5 meter. Bahkan orang dewasa pun tak mungkin melakukannya.

Lokasi

Gua Siluman ini berada di Kampung Cipicung, Desa Kertaangsa, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat –Indonesia.

Selamat Berkunjung!

 

Incoming search terms:

  • gua siluman sukabumi
  • misteri gunung galunggung
  • gua siluman
  • Goa siluman sukabumi
  • misteri manusia galunggung
  • misteri galunggung
  • cerita siluman
  • misteri sukabumi
  • misteri siluman
  • Mistis gunung galunggung

Tempat Wisata , , , , ,

Related Listing

1 Review

  1. digoda, 1 year ago

    Wew… Ini tempat wisata? Serem banget namanya?
    Mikir dulu deh mau wisata kesana..

    Makasih infonya…

       -  

Review has already been inserted from this machine. So no other reviews are allowed from this machine on this post.

Send To Friend

Send Inquiry