Hutan Sancang yang Menyimpan Misteri

Hutan Sancang terkenal dengan keangkerannya. Didalamnya terkandung berbagai cerita unik, menarik dan berbau mistis. Sancang dulunya, dalam konteks kesejarahannya merupakan sebuah kerajaan dengan penguasanya yang termashur Raja Rakean Sancang. Cerita ini didukung oleh beberapa fakta yang diantaranya dengan ditemukannya bekas-bekas peninggalan Kerajaan Sancang berupa situs purbakala.

Hutan Sancang ini juga dilegendakan sebagai tempat tilemnya Prabu Siliwangi. Didalamnya terdapat Pohon Kaboa yang mirip dengan pohon Mangrove yang dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai jelmaan dari para prajurit Kerajaan Padjajaran yang setia kepada rajanya, Prabu Siliwangi. Karena itulah tak heran jika kemudian hutan ini sangat dikeramatkan.

Hutan Sancang sendiri merupakan hutan alami dengan total luas mencapai 2.157 hektar. Wilayahnya sangat dekat dengan pesisir pantai dengan berketinggian 0-3 meter diatas permukaan laut (dpl). Hutan yang langsung bersentuhan dengan Samudra Indonesia ini mempunyai temperatur rata-rata 270 C per tahun, dengan suhu antara 170 C-280 C. Material tanahnya berpasir dan tanah gambut di bagian pesisir, sedangkan di daerah yang mempunyai radius 200 meter dari garis pantai memiliki material tanah daratan pada umumnya, yaitu tanah hitam berbatu dengan tingkat kestabilan dan daya serap tanah yang cukup baik.

Yang menjadi daya tarik utama yang terdapat di cagar alam ini adalah hutan yang masih asri dengan ekosistem yang unik dan pemandangan alam indah. Di hutan ini terdapat hutan bakau, sungai, berbagai jenis flora dan fauna, dan gugusan-gugusan batu yang menimbulkan panorama alam yang unik. Flora dominan yang terdapat di Hutan Sancang antara lain pohon ketapang, pohon bakau, tumbuhan Sorea, palahlar, serta jenis tumbuhan/ flora pantai seperti agar-agar laut, terumbu karang. Dan juga flora lain yang beragam jenisnya termasuk pohon meranti merah dan pohon Kaboa yang langka. Sedangkan fauna yang dominan di hutan ini antara lain banteng, macan tutul, monyet, lutung, dan burung merak.

Lokasi

Hutan Sancang berada di Desa Sancang, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat –Indonesia.

Selamat Berkunjung!

 

Incoming search terms:

  • Hutan sancang
  • sancang
  • misteri hutan sancang
  • hutan sancang garut
  • hutan alami
  • sejarah sancang
  • pohon kaboa
  • sancang garut
  • hutan garut
  • misteri hutan

Tempat Wisata , , , ,

Related Listing

1 Review

  1. Djenambang Bin Tandjak, 1 year ago

    Alhamdulillah.. Semoga cagar alam ini senantiasa dijaga oleh manusia di kawasan hutan dan sekitarnya. Aamiin

       -  

Review has already been inserted from this machine. So no other reviews are allowed from this machine on this post.

Send To Friend

Send Inquiry