Melongok Taman Hutan Raya Dago Pakar

Istilah Bandung heurin ku tangtung memang sudah begitu melekat di Kota Kembang ini. Bandung kini jangan dibandingkan dengan Bandung puluhan tahun silam yang masih asri dan hijau karena belum banyaknya perumahan penduduk maupun pabrik-pabrik industri. Bandung kini sudah semakin padat seiring dengan makin tingginya urbanisasi masyarakat di sekitar Bandung yang menetap (baik sementara maupun permanen) di ikon provinsi Jawa Barat ini.

Relevansi Taman Hutan

Makanya Taman Hutan Raya (Tahura) yang berada di Jalan Ir. H Djuanda menjadi alternatif wisata hijau ditengah cuaca Kota Bandung yang semakin memanas karena keterdesakan ruang terbuka hijau oleh industri. Taman hutan ini menyuguhkan panorama hutan Kawasan Bandung Utara dimana menjadi penyumbang udara bersih dan pasokan air yang kian menipis jumlahnya.

Dengan berwisata di Tahura ini Anda pun bisa sekalian mengenal berbagai macam flora dan fauna yang hidup dilindungi di kawasan tersebut. Kawasan ini dulunya merupakan bagian dari Kelompok Hutan Lindung Pulosari dan diubah fungsinya menjadi Taman Wisata Curug Dago dengan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 575/Kpts/Um/8/1980.

Lokasinya yang tak seberapa jauh dari pusat kota membuat untuk mencapai kawasan wisata hutan kota ini tak susah. Tahura atau yang lebih dikenal dengan Dago Pakar ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 50 menit saja dari alun-alun kota. Letaknya yang dekat dengan terminal Dago juga membuatnya mudah sekali dijangkau dengan menggunakan angkutan umum dari terminal Dago.

Goa Jepang, goa Belanda, curug Dago dan hutan alam yang indah bisa kita nikmati di kawasan ini. Goa Belanda dan Goa Jepang merupakan peninggalan masa penjajahan Jepang dan Belanda yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan bahan makanan dan juga sebagai gudang senjata. Untuk  sarana penunjang, pihak pengelola Tahura menyediakan sejumlah gazebo-gazebo yang terkadang dimanfaatkan oleh para pengunjung sebagai tempat ngariung ketika menikmati bekal. Selain itu terdapat panggung terbuka, mushola dan tempat bermain anak. Pengunjung reguler biasanya memadati tempat ini saat akhir pekan, sedangkan rombongan dari sekolah atau tim penelitian biasanya datang di hari-hari biasa.

Lokasi

Berada di Jalan Ir. H Djuanda yang jaraknya sekitar 7 km dari pusat kota. Lokasi ini bisa ditempuh hanya dengan 20 menit dari Jl. Ir. H. Juanda dan sekitar 50 menit dari pusat kota (alun-alun).

Selamat Berkunjung!

 

Incoming search terms:

  • wisata dago pakar
  • dago pakar
  • wisata dago
  • tempat wisata dago pakar
  • hutan di bandung
  • taman hutan raya dago
  • wisata dago pakar bandung
  • hutan dago pakar
  • dago pakar bandung
  • taman hutan raya dago pakar

Tempat Wisata , ,

Related Listing

Place Your Review

Rate this place by clicking a star below :

Send To Friend

Send Inquiry