Menemukan Artefak Megalitik di Gunung Bukit Tunggul

Wisata alam lembang ialah objek wisata yang penuh eksotisme, keindahannya yang tiada duanya, serta sejuknya alam pegunungan membuat siapapun yang berkunjung akan merasa betah berlama-lama di sekitaran Lembang. Pantas saja kalau Lembang menjadi magnet wisata alam di Kota Bandung. Lembang juga terkenal memiliki beberapa objek wisata yang variatif sehingga bisa membuat kepala pusing untuk memilih.

Nah, salah satu wisata yang patut Anda coba di Lembang ialah Bukit Tunggul yang merupakan sebuah perkebunan PTPN VII yang masih tampak asri, sejuk dan keindahan alamnya sukar ditandingi objek wisata lainnya. Perkebunan ini sangat luas, terbentang hingga belakang Gunung Manglayang. Berarti berada di atas wilayah Ujung Berung, Bandung.

Yang bisa membuat mata terbelalak ialah pemandangannya yang keren dan kita benar-benar berada di belakang Gunung Manglayang. Sebenarnya akses untuk keluar bisa bebas memilih, bisa keluar dari Cigending atau dari Palintang. Ada beberapa opsi keluar yang tersedia dengan catatan kendaraannya harus memadai. Perkebunan ini memang siap menjadi tujuan wisata para  pelancong yang ingin mencari suasana sejuk tapi tidak crowded. Selain tempatnya yang nyaman, kita bisa nongkrong-nongkrong di saung sekitar air terjun atau danau kecil. Dari lokasi air terjun sudah ada track yang disediakan untuk langsung menuju danau dengan berjalan kaki, bagi penggemar hiking lokasi ini patut untuk dicoba.

Sama seperti perkebunan lainnya, beberapa bangunannya masih asli dari peninggalan zaman dahulu. Belum lagi bila kabut turun, suasananya mantap sangat eksotis. Bagi yang senang agro wisata, banyak juga tumbuhan-tumbuhan langka dan aneh yang ada di perkebunan ini. Bila Anda berminat ke lokasi ini, lebih baik berangkat dari Bandung dan jangan lewat jalan raya biasa (Setiabudhi–Ledeng). Tapi, bisa lewat Punclut atau Dago Bengkok, yang bisa tembus dekat ke Maribaya. Waktu perjalanan yang ditempuh paling lama sampai di lokasi sekitar 2-1 jam bila dari Bandung.

Artefak Megalitik

Gunung Bukittunggul memiliki pesona yang tidak ditemui di tempat lain. Salah satunya, artefak megalitik di Kampung Batuloceng. Masyarakat percaya, artefak yang disebut “jabang bayi” ini membawa berkah. Ada mitos, orang yang bisa mengangkat artefak dengan tinggi 40 cm dan berdiameter 25 cm itu diyakini akan enteng rezeki. Situs Babalongan di Bukittunggul juga menyimpan misteri lain. Berbentuk punden berundak dan seperti kolam segi empat, tempat ini diyakini menjadi tempat pemujaan zaman megalitik. Materialnya didominasi tanah dan kayu.

Selamat Berkunjung!

 

Incoming search terms:

  • Gunung bukit tunggul
  • misteri gunung manglayang
  • bukit tunggul lembang
  • bukit tunggul bandung
  • Misteri gunung bukit tunggul
  • mitos gunung bukit tunggul
  • Daerah bukit tunggul maps
  • keindahan daerah ujung berung bandung
  • taman wisata bukit tunggul
  • gunung keren di bandung

Tempat Wisata , ,

Related Listing

Place Your Review

Rate this place by clicking a star below :

Send To Friend

Send Inquiry