Merambah Hutan Jayagiri di Selatan Bandung

Bagi Anda yang sukanya berpetualang, Hutan Jayagiri yang berada di selatan kota Bandung patut dijadikan sebagai referensi untuk berpetualang Anda.

Lokasi Hutan Jayagiri tak jauh dari wisata lainnya yang terkenal di Bandung, Gunung Tangkuban Perahu. Wana wisata ini memiliki luas kurang lebih 10 hektar.

Hutan Lintas Alam

Hutan Jayagiri merupakan hutan lintas alam yang biasanya digunakan oleh para pecinta alam untuk mendaki gunung, menelusuri hutan atau sekadar piknik melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari yang membosankan. Yang menarik dari Hutan Jayagiri ini adalah hutan alam yang indah, udara yang bersih dan segar dan adanya sumber air yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

 

Area sekitar hutan nampak begitu sepi dan tentunya hal tersebut memberikan sensasi yang berbeda bagi mereka yang mencari ketenangan. Dengan keindahan alam yang dimiliki, kesunyiannya, dan kesegaran udara hutan ini membuat siapapun akan merasa betah berada didalamnya.

Hutan Jayagiri sendiri merupakan hutan wisata yang memiliki konfigurasi kontur tofografi yang bergelombang dengan kemiringan lintasan hiking berkisar antara 5o hingga 45o di beberapa titik, sangat bervariasi. Wana wisata ini terletak di ketinggian 1.250 meter diatas permukaan laut (dpl) dengan curah hujan 2.700 mm/tahunnya. Lintasan treking di kawasan hutan ini didominasi oleh rapatnya jajaran Pinus (Pinus merkusii) dan Puspa (Schima walichii), fakta ini juga didukung oleh pencitraan satelit dari Digital Globe tahun 2009.

Untuk masuk ke Hutan Jayagiri pengunjung mesti membayar tiket masuk (plus asuransi dari perhutani) Rp. 2.000, parkir kendaraan roda dua Rp.1.000, dan penitipan helmet Rp. 500. ± 150 m setelah portal Jayagiri, tanjakan mulai terlihat. 5 menit kemudian, kita akan menemukan 2 rute hiking, rute kiri adalah jalur pipa air dari mata air Jayagiri, relatif “agak landai”. Dan rute kanan (klasik) dengan banyaknya trap-trap tanjakan (mirip tanjakan kuburan kuda di gunung Ciremai) yang bikin dengkul dan paru-paru bekerja ekstra keras.

Lokasi

Wana wisata Jayagiri ini mudah sekali ditemukan karena lokasinya berdekatan dengan objek wisata lain, Tangkuban Perahu.

Berada di Bandung Selatan yang bisa dicapai dari Kecamatan Lembang dengan jarak 2 km, dari Cimahi sekitar 17 km, dan dari Kota Bandung sendiri lebih kurang 17 km.

Selamat Berwisata!

 

Incoming search terms:

  • jayagiri bandung
  • Taman Hutan Jaya Giri – Lembang
  • taman hutan jaya giri
  • hutan jayagiri
  • taman hutan jayagiri
  • wana wisata jayagiri
  • Jayagiri
  • jaya giri bandung
  • hutan jayagiri lembang
  • taman hutan jayagiri – lembang

Tempat Wisata , , ,

Related Listing

Trackbacks For This Post

  1. [...] berada di Malabar, sekitar 45 km di selatan Bandung dengan hawa sedang 16 sampai [...]

  2. [...] Taman Hutan Jaya Giri – Lembang [...]

2 Reviews

  1. Menikmati Kesejukan Udara Perkebunan Teh Malabar | Wisata Bandung, 2 years ago

    [...] berada di Malabar, sekitar 45 km di selatan Bandung dengan hawa sedang 16 sampai [...]

       -  
  2. Obyek/ Tempat Wisata di Bandung | Wisata Bandung, 2 years ago

    [...] Taman Hutan Jaya Giri – Lembang [...]

       -  

Place Your Review

Rate this place by clicking a star below :

Send To Friend

Send Inquiry