Oh, Indahnya Wana Wisata Oray Tapa

Oray Tapa berada di ketinggian sekitar 700 meter diatas permukaan laut (dpl). Curah hujan di kawasan ini mencapai 2.000 mm/tahun dengan suhu rata-rata yang dingin, 19-26 derajat celsius. Apa yang terdapat di wana wisata Oray Tapa ini? Terdapatnya hutan campuran antara cemara dan pinus dengan suhunya yang sejuk dan pemandangan khas kota Bandung yang sayang untuk dilewatkan.

 

Adapun aktifitas yang biasnya dilakukan oleh para pengunjung di kawasan ini yakni berkemah (camping), motocross, bersepeda santai maupun offroad karena medannya menantang.

Sumber Mata Air Ajaib

Potensi visual lansekap didalam kawasan wisata ini antara lain hutan tanaman campuran, hutan alam, pemandangan Kota Bandung dan udaranya yang sangat sejuk. Daerah ini juga memiliki sumber air yang jernih dimana sering dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk berbagai keperluan sehari-hari seperti mandi, cuci, maupun minum. Pengunjung juga bisa memanfaatkan sumber air tersebut untuk minum dan keperluan lainnya.

Sejak pertengahan September 1997 ada cerita aneh dan sedikit berbau magis yang terdapat di hutan ini. Yakni terdapatnya sumber air yang justru munculnya ketika musim kering (halodo panjang) tiba. Alhasil, sumber mata air inipun sontak semakin terkenal ketika ada seorang yang menderita lumpuh dari kawasan Antapani kemudian datang untuk mandi di lokasi tersebut.

Sebelum datang ke lokasi tersebut, seorang lumpuh itu mengaku mendapatkan wangsit supaya ia mandi di tempat itu jika ingin penyakitnya hilang. Dan penyakitnya pun mendadak sirna. Kemudian disusul dengan 4 orang lainnya yang juga menderita berbagai penyakit. Mereka pun mandi di sumber air tersebut. Dan konon, setelah mandi di sumur tersebut ketika pulang segala yang dirasakannya mendadak sirna berganti dengan kesembuhan.

Fasilitas
Fasilitas wisata yang tersedia didalam kawasan wana wisata ini berupa papan petunjuk, loket karcis, tempat parkir, jalan setapak, tempat duduk, mushola, MCK dan shelter.

Lokasi

Wana wisata Oray Tapa terletak di Desa Mekar Manik, Kecamatan Cimenyan. Oray Tapa meliputi area seluas 5 Ha dibawah naungan KPH Bandung, BKPH Manglayang Barat, RPH Arca Manik.

Selamat Berkunjung!

 

Incoming search terms:

  • oray tapa
  • oray tapa bandung
  • pemandangan kota bandung
  • oraytapa
  • sejarah oray tapa
  • motocross di Hutan
  • oray tapa desa mekar manik

Tempat Wisata , ,

Related Listing

Place Your Review

Rate this place by clicking a star below :

Send To Friend

Send Inquiry