Pegunungan Kapur Padalarang

Bagi Anda yang kerap melaju Bandung-Jakarta dipastikan akan selalu melalui kawasan batuan kapur yang lumayan berpanorama. Daerah indah namun berdebu karena aktifitas penambangan batuan kapur inilah yang disebut dengan TamanYosemit-nya Indonesia. Anda tahu Yosemite National Park di California Amerika Serikat? Di Indonesia, khususnya di Padalarang Bandung Barat potensi keindahan yang mirip dengan taman kesohor dari Negeri Paman Sam itu bisa juga disaksikan.

Orang yang hidup dimasa tahun 1980-an dan tahu bahkan pernah berkunjung ke kawasan pegunungan kapur Padalarang ini pasti akan setuju bahwa kawasan ini ketika itu sungguh memiliki potensi keindahan yang tiada duanya. Dulu, banyak pengguna jalan yang melewati kawasan ini rela untuk sejenak menunda perjalanan dan berhenti tepat di tepi jalan untuk sekadar menikmati pesona keindahan pegunungan kapur yang tampak di depan mata.

Perbukitan yang ada di Padalarang tersusun oleh batuan utama berupa batuan gamping yang terbentuk dalam kurun waktu sangat lama, bisa sampai 20-30 juta tahun. Didalam batuan gamping itu terdapat jutaan fosil binatang laut yang sekaligus menjadi saksi bisu yang menggenangi kawasan tersebut puluhan juta tahun yang lalu ketika Oligosen sampai Miosen awal.

Jika Anda mendaki salah satu bukit yang ada di lokasi ini atau paling tidak berdiri di atas teras jalan antara km 21 hinga 26, ”kegagahan” bukit-bukit batu gamping di antara lorong-lorong, lembah-lembah yang dalam akan dapat disaksikan. Jika udara cerah, Waduk Cirata yang membentang di sebelah utara pun dapat terlihat. Petak sawah berundak-undak, terbentang indah di depan mata, juga dapat disaksikan menghampar di lembah-lembah sungai di sela-sela perbukitan kapur. Kerbau, karib bapak-bapak tani pun masih dapat dijumpai di petak-petak sawah itu.

Kekhasan lorong jalan Padalarang bukan hanya bukit-bukit batu gampingnya semata. Deretan penjual ”peuyeum”, tape khas Bandung, yang memajang dagangannya dengan ikatan-ikatan rapi dalam etalase kaca sederhana, deretan penjual jambu biji merah, dan avokat yang memamerkan dagangannya dengan kios-kios kecil, menambah kekhasan daerah itu. Pada waktu-waktu tertentu juga bermunculan pedagang durian, nangka, sirsak, dan kelapa muda di sepanjang lorong jalan itu. Ciri khas Padalarang saat ini bertambah dengan menjamurnya toko-toko hasil kerajinan batu oniks di sepanjang lorong jalan menuju Bandung.

Lokasi

Pegunungan Kapur yang mirip Taman Yosemite ini berada di Padalarang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat –Indonesia.

Selamat Berkunjung!

 

Incoming search terms:

  • gunung kapur
  • padalarang
  • Pegunungan kapur
  • gunung padalarang
  • batu kapur padalarang
  • pabrik kapur padalarang
  • pegunungan kapur padalarang
  • perbukitan kapur
  • gunung kapur bandung
  • fosil kapur padalarang

Tempat Wisata , , ,

Related Listing

Place Your Review

Rate this place by clicking a star below :

Send To Friend

Send Inquiry