Wisata Pendidikan di Universitas Islam Bandung

Kalau mau senang-senang, maka kita boleh pergi ke mall, kebun binatang atau nonton film di bioskop. Namun kalau ingin menyerap banyak ilmu, maka tak ada jalan lain bagi kita untuk pergi berwisata pendidikan ke lembaga pendidikan. Dalam konteks ini, Anda boleh saja berkunjung ke salah satu universitas Islam yang sudah lumayan punya nama ditatar Kota Bandung: Universitas Islam Bandung (Unisba).

Unisba lahir karena gagasan dan pemikiran dari sejumlah tokoh umat Islam dan tuntutan masyarakat Jawa Barat yang hendak mendirikan sebuah kampus Islam dengan bernafaskan Islam untuk melahirkan generasi muslim yang tangguh, bermartabat, cerdas dan berdedikasi. Maka, lahirlah kemudian yang menjadi cikalm bakal Unisba bernama Perguruan Islam Tinggi (PIT) pada November 1958, dengan berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam (YPI).

Lintasan Sejarah

Ketika masih PIT, fakultas pertama yang didiriakn ialah Fakultas Syariah, yang kemudian disusul dengan kelahiran Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Tarbiyah pada tahun 1961. Perubahan terjadi pada tahun 1967 dimana PIT berubah nama menjadi Universitas Islam Kiansantang. Dan barulah pada tahun 1969, universitas ini berganti nama lagi menjadi Universitas Islam Bandung (Unisba) dimana kemudian banyak berdiri fakultas-fakultas lainnya melengkapi beberapa fakultas yang sudah ada seperti Fakultas Hukum, Fakultas MIPA, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

Tujuan pendidikan di Unisba adalah mewujudkan mujahid (pejuang), mujtahid (peneliti) dan mujaddid (pembaharu) dalam suatu masyarakat ilmiah yang Islami, maka dalam proses pembelajaran banyak dimuati pendidikan ke-Islaman yaitu Pendidikan Agama Islam setiap semester, mentoring agama Islam, pesantren mahasiswa dan sarjana. Berbagai sarana dan prasarana belajar, praktik dan penelitian sebagai penunjang proses pendidikan di Unisba, disediakan secara lengkap, antara lain: laboratorium, internet, perpustakaan, pusat pengolahan data, pusat pembinaan dan laboratorium bahasa, serta berbagai pusat penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Lokasi

Unisba memiliki 2 kampus. Kampus 1-nya berada di Jalan Tamansari No 1, 20, 22, 24, 26, Jalan Harian Banga No 1A, 2 dan di Jalan Purnawarman No 59, 63, Bandung. Sedangkan Kampus 2 berada di Ciburial Indah, Bandung Indonesia. No Telp: (022)2504922.

Selamat Berkunjung!

 

Incoming search terms:

  • Unisba
  • universitas islam bandung
  • kampus unisba
  • gedung unisba
  • alamat UNISBA
  • jurusan apa aja yang ada di unisba
  • denah kampus unisba
  • alamat Unisba - Bandung
  • unisba alamat
  • unisba bandung

Tempat Wisata , , ,

Related Listing

Place Your Review

Rate this place by clicking a star below :

Send To Friend

Send Inquiry